Iklan Bos Aca Header Detail

Penggunaan Dana Desa Mesuji di Evaluasi

Penggunaan Dana Desa Mesuji di Evaluasi

Radarlampung.co.id - Bupati Mesuji Saply TH membuka workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Mesuji di Aula Setkab Mesuji Desa Wiralaga mulya Kecamatan Mesuji, Kamis ( 8/10).

Dalam acara tersebut Saply menyambut baik kegiatan workshop tersebut. Menurutnya kegiatan ini juga mampu meningkatkan koordinasi seluruh stakeholder dan evaluasi terhadap pelaksanaan penyaluran Dana Desa di Kabupaten Mesuji.

Selain itu dia mengatakan, Tahun 2020 Kabupaten Mesuji memiliki pagu Dana Desa sebesar Rp.102.687.170.000,- dan telah disalurkan dari Rekening Daerah ke Rekening Desa melalui KPPN untuk tahap I dan II sebesar Rp.81.271.022.250,-.

\"Untuk saat ini tengah berlangsung proses penyaluran Tahap III dan telah mencapai progres sebesar 20 persen,\" katanya.

Menurutnya dalam menyikapi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19, Pemerintah telah mengambil kebijakan melalui Refocussing Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 salah satunya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai amanat

Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 sebagaimana diubah beberapa kali terakhir dengan Permendes Nomor14 Tahun 2020. Dalam penyaluran BLT Dana Desa.

Pemerintah Kabupaten Mesuji juga melakukan dukungan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada kecamatan dan desa, sehingga dalam pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa dapat berjalan secara cepat, efektif, dan tepat sasaran. Atas kerja keras dan sinergitas dari para stakeholder tersebut,

Kabupaten Mesuji menjadi kabupaten pertama yang menyalurkan BLT Dana Desa di Provinsi Lampung dan tercepat nomor 15 secara nasional.Untuk penyaluran BLT Dana Desa di Kabupaten Mesuji, sebanyak 105 desa telah menganggarkan pada APBDes Perubahan pertama dan kedua sebesar Rp.29.097.900.000, untuk penyaluran BLT Dana Desa triwulan pertama (bulan April, Mei, Juni) dan triwulan kedua (Juli, Agustus,September).

\"Sampai dengan 6 Oktober 2020 ini, telah terealisasi penyaluran BLT Dana Desa sebesar Rp28.596.600.000,-. atau mencapai 98% dari pagu dan telah diterima oleh 10.714 keluarga penerima manfaat (KPM),\" ucapnya.

Dalam rangka upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mesuji, seluruh desa telah dibentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri atas berbagai unsur masyarakat desa dan mitra kemasyarakatan, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa.

Pembentukan Relawan ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa dan Surat Edaran Bupati Mesuji Nomor: 414/380/IV.13/IV/2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

\"Saat ini tercatat lebih dari 3.675 relawan anggota gugus tugas yang tersebar di 105 desa se-Kabupaten Mesuji.Di awal masa pandemi Covid-19, tercatat 110 posko telah didirikan di setiap desa yang berfungsi memantau pergerakan aktivitas keluar masuk warga, pendataan, pemeriksaan suhu badan, dan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang masuk ke desa, menyediakan tempat cuci tangan, dan melaksanakan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada warga masyarakat,\" bebernya.

Untuk saat ini, posko tersebut telah dialihkan ke balai desa masing-masing. Selain itu, setiap desa juga menyediakan rumah isolasi bagi warga pelaku perjalanan dari zona merah dengan kapasitas total 1.880 ruangan. Dari seluruh desa yang ada juga telah melakukan pengadaan masker sebanyak total 131.693 buah melalui Dana Desa tahun 2020.

\"Alhamdulilah berkat usaha-usaha tersebut dan kekompakan bersama, Kabupaten Mesuji saat ini termasuk dalam kondisi zona hijau dari penyebaran Covid-19. Hal ini patut kita syukuri bersama dan kami terus berupaya memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat melalui adaptasi kebiasaan baru, sehingga masyarakat tetap dapat beraktivitas, roda perekonomian terus berjalan, namun tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan bersama. Harapan kita bersama pandemi ini segera berakhir dan kita dapat menjalani kehidupan secara,\" katanya.  (Muk/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: